Tuesday, December 4, 2012

Wedha Mantra Pelajaran Semedi

Artikel berjudul "Wedha Mantra Pelajaran Semedi "

Label: Weda Mantra

ini di tulis oleh : ABU NAWAS pada :2012-12-04T08:38:00-08:00 mudah-mudahan artikel ini bisa memberi informasi yang sesuai dengan kebutuhan anda . Jangan lupa , jika anda suka dengan Review ini sampaikanlah kepada teman.
Wedha Mantra Pelajaran Semedi  - Mengamalkan suatu mantra sikapnya seperti semedi , adapun cara melakukan semedi adalah diam dan tenang hening , di keheningan terus ada , artinya apa yang kita inginkan ada, apa yang kita tuju kesampean, adapun supaya tercapai  apa yang kita inginkan tadi kita harus membaca mantra tidak keliru tetap mantap terus di dalam hati , supaya bisa seperti itu jika kita tidak membuka mata , supaya bisa diam tenang dan hening.

Di ambil dari kitab wehda mantra dengan bahasa asli sebagai berikut :

Ngempakake mel utawa  iku , lakune kaya dene semadi, mungguh lakune semadi mau : eneng lan ening , ing kono banjur ana, tegese : apa kang kinarepake ana, apa kang sinedya teko, dene bisane tumeka apa kang di sedyakake mau , kudu madhep sarta yen ngemelake mantra ora keliru , tetep terus sajroning atine , biasane kaya mengkono mau , yen ora mangro tingal ; pinangkane saka eneng ening kasebut dhuwur .

Advertisement

6 komentar:

  1. Meditasi dapat menenangkan, meremajakan dan memulihkan pikiran kita. Ketika dipraktekkan secara rutin, meditasi bisa membantu mengurangi stres, mengurangi tekanan dara dan menaikkan tingkat kesadaran.

    Langkah Meditasi
    1. Pilihlah lokasi yang tenang - bebas dari
    gangguan suara maupun lingkungan.

    2. Pilih lagu meditasi sebagai latar belakang
    jika Anda menghendaki.

    3. Pilih kursi atau alas yang nyaman dan
    duduklah dengan punggung yang cukup
    tegak

    4. Tutuplah mata Anda

    5. Tarik nafas dalam-dalam

    6. Lepaskah nafas anda perlahan-lahan

    7. Konsentrasilah dalam pernafasan, awasi
    tiap kali tarikan nafas dan perasaan yang
    santai dan nyaman.
    8. Biarkan pikiran dan perasaan memasuki
    pikiran anda, biarkan lewat dan kembali
    fokus dalam pernafasan.
    9. Buka mata setelah Anda merasa lebih
    temang dan fokus.


    Tips
    Banyak bentuk dan variasi dalam bermeditasi, jadi bila bentuk yang ada tidak sesuai, Anda bisa mencoba yang lain.

    Mulai dari 5-10 menit setiap hari lalu tingkatkan sampai 20 menit atau lebih setiap hari.

    Bermeditasi adalah tentang menyadari apa yang terjadi didalam tubuh dan pikiran.

    Masalah yang dihadapi pemula antara lain yaitu mereka tidak bisa berkonsentrasi, pikiran melayang-layang. Sebelum bermeditasi sebaiknya pikiran dan tubuh harus dalam keadaan rileks dan tenang. Jika tertarik bisa membaca buku meditasi dan cara menenangkan pikiran. dan tubuh.to make it fruitful. Interested people can refer to some books on how to relax your body and mind.

    ReplyDelete


  2. Meditasi Vs. Melamun
    (dikutip dari buku "Meditasi Bagian 1 - oleh: Wisnu Prakasa")

    Adanya yang mengatakan bahwa meditasi itu sama seperti saat kita melamun. Hal ini perlu saya jelaskan sedikit lebih terperinci.

    Ketika kita melamun, pikiran kita tidaklah berhenti (kosong). Pikiran kita sebenarnya sedang mengembara (dari tempat ke tempat yang lain, dari waktu ke waktu yang lain, dan dari satu keadaan ke keadaan yang lain). Disinilah kita telah dikuasai oleh pikiran kita. Hal ini tampak makin kuat bilamana kita dalam menghadapi banyak masalah atau problem. Semakin banyak masalah, orang akan cenderung untuk melamun. Semakin banyak melamun, semakin kita kehilang kesadaran kita akan tempat, waktu, dan keadaan kita yang nyata saat itu. Kadang bila kita melamun, kita tidak menjawab bila dipanggil. Hal ini terjadi karena kita telah kehilangan kontrol akan keadaan kita.

    Saat kita meditasi, kita tidak boleh mengikuti pikiran kita melainkan kita harus menenangkan pikiran kita. Tenangkanlah pikiran kita sehingga kita selalu sadar akan keadaan sekarang. Kesadaran kita jernih menghayati kebenaran akan tempat, waktu, dan keadaan yang sedang bermeditasi.

    Jangan memikirkan apapun juga, baik itu benda didepan kita ataupun sakit ditubuh. Seluruhnya harus dihadapi dengan kenyataan bahwa memang adalah alamiah nyata dan apa adanya. Juga janganlah mencoba untuk menolaknya atau bahkan menghilangkannya, karena ini berarti pikiran kita telah bekerja kembali. Dan ini biasanya gambaran pikiran yang timbul akan terus berlanjut lebih kuat lagi untuk memperdaya kesadaran kita.

    Para mahluk Berlatihlah untuk tidak MENGHILANGKAN ataupun MENIMBULKAN apapun juga dalam pikiran saat bermeditasi.

    Bermeditasilah tetapi jangan melamun. Latihlah secara bertahap dan jangan putus asa bilamana kita sadar telah melamun saat bermeditasi.

    ReplyDelete
  3. Konsentrasi, Melamun, dan Meditasi
    (dikutip dari buku "Meditasi Bagian 1 - oleh: Wisnu Prakasa")

    Konsentrasi adalah keadaan satu objek fokus.

    Melamun adalah kesadaran yang diperdaya penuh oleh pikiran.

    Meditasi adalah keadaan ketenangan pikiran.

    Kesadaran penuh adalah kejernihan kesadaran dari konsentrasi dan meditasi.

    ReplyDelete
  4. makasih infonya Kursi Tamu Minimalis Daun 211

    ReplyDelete
  5. BULU PERINDU SUKMA KLICK : buluperindu2013.blogspot.com

    ReplyDelete

PASANG IKLAN GRATIS
Pasang Iklan
Press Esc to close
Copyright © 2013 Kitab Kejawen |Abouts |Privacy Policy |Terms Of UseAll Right Reserved